Tim pengabdian masyarakat Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan pengabdian masyarakat berjudul Workshop Pengembangan Literasi Matematika Pada Aspek Pembiasaan Dan Pembelajaran Bagi Guru SD Kecamatan Girimarto, Kabupetan pada tanggal 18 – 19 Agustus 2020. Tim Pengabdian Masyarakat terdiri dari: Dr. Riyadi, M.Si, Dr. Peduk Rintayati, M.Pd., Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd., Anesa Surya, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Sandra Bayu Kurniawan, M.Pd.

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, yaitu: 1) Meningkatkan pemahamana guru sekolah dasar di kabupaten Wonogiri terkait Literasi Matematika, dan 2) Meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam menyusun desain kegiatan belajar-mengajar untuk meningkatkan Literasi Matematika peserta didik sekolah dasar di kabupaten Wonogiri.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di kabupaten Wonogiri. Terdapat tiga tahap dalam pelaksanaan PkM, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan merupakan tahap melakukan survei ke lokasi PkM untuk mendapatkan data awal dan dilanjutkan menyusun rencana kegiatan PkM sesuai dengan kondisi permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan Literasi Matematika peserta didik sekolah dasar. Tahap pelaksanaan merupakan tahap inti dari PkM. Kegiatan inti adalah pendampingan pelaksanaan pembelajaran dalam rangka meningkatkan Literasi Matematika peserta didik sekolah dasar. Kegiatan inti ini berupa pelatihan, workshop, dan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan di kabupaten Wonogiri. Tahap evaluasi adalah tahap akhir dari PkM ini yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa mengenai penilaian terhadap apa yang telah dilakukan sebelum dan sesudah guru-guru sekolah dasar mengikuti workshop Pengembangan Literasi Matematika peserta didik sekolah dasar.

Kesimpulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diuraikan sebagai berikut: a). Pemahamana guru sekolah dasar di kabupaten Wonogiri mengenai Literasi Matematika mengalami peningkatan, dan b) Kemampuan guru sekolah dasar dalam menyusun desain kegiatan belajar-mengajar untuk meningkatkan Literasi Matematika peserta didik sekolah dasar di kabupaten Wonogiri termasuk kategori baik.

About The Author

sidebar-cta-repairs
sidebar-cta-careplan
sidebar-cta-installations

Comments

More Posts You May Find Interesting